1 Sura Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta Digelar Malam Jumat


Abdi dalam Keraton Yogyakarta juga akan mengadakan prosesi Lampah Budaya Mubeng Beteng untuk memperingati malam th. baru Jawa atau malam 1 Sura. Prosesi juga akan di gelar pada hari Kamis Wage yang bertepatan dengan tanggal 21 September 2017. 

" Prosesi lampah budaya mubeng beteng ini juga akan dikerjakan pada hari Kamis Wage, (21/9/2017) atau malam Jumat Kliwon, " kata Ketua Panitia KRT H. Gondohadiningrat, Selasa (19/9/2017). 

Menurut dia 1 Sura th. ini masuk th. Dal berdasar pada kalender/penanggalan Jawa. Th. Dal juga akan berlangsung tiap-tiap 8 th. sekali. Prosesi keliling benteng Keraton Yogyakarta juga akan diawali dari Kagungan Dalam Pelataran Keben mulai jam 20. 00 WIB. Beberapa abdi dalam yang juga akan ikuti tapa bisu mesti kenakan pakaian peranakan dengan kain wiron engkol serta tidak kenakan sandal dan tidak kenakan keris. 

" Untuk orang-orang umum, baju bebas asal sopan serta rapi, " tuturnya. 

Menurutnmya sepanjang berjalan prosesi ini, peserta tidak diperbolehkan untuk bicara sepanjang dalam perjalanan. Hal semacam ini memiliki kandungan makna jadi bentuk refleksi diri serta dalam rencana mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. 

Rute yang juga akan dilewati dari pelataran Keben menuju Jl Rotowijayan, Jl Kauman, Agus Salim, Jl Wahid Hasyim, Suryowijayan, Sudut Beteng Kulon, MT Haryono, lewat depan Plengkung Gading ke timur sampai Sudut Beteng Wetan. Setelah itu ke arah utara Jl Brigjen Katamso, Ibu Ruswo serta Alun-alun Utara. 

" Jaraknya kurang lebih sekitaran 5 km, " tuturnya.

sumber : news.detik.com